Kenyamanan Ketika Ibadah Haji & Umroh

Setiap manusia di ciptakan Allah SWT memiliki sifat dan karakter dengan kategori yang berbeda dan ada yang sama, salah satu sifat unik manusia adalah ingin mendapatkan rasa nyaman.

 Seseorang bisa menerima alasan seseorang memilih pasangan hidup yang terlihat biasa saja bahkan menurut anda sebenarnya dia bisa mendapatkan yang lebih menarik daripada itu, atau seseorang dengan pekerjaan dan gaji yang biasa saja padahal dia lulusan S2.

 

Alasannya yaitu rasa nyaman.

 

Kita pasti pernah merasakan tidak nyaman dan mayoritas dari kita ingin menjauhi rasa tidak nyaman. Ketika merasa kepanasan, kita mengipas-ngipas tubuh, ketika lapar, kita ingin segera makan, dan ketika bosan menunggu, kita terdorong untuk berdzikir atau menggunakan handphone?

 

Di era saat ini, kita sebagai umat Islam sangat mudah tergerak untuk menjauhi sesuatu yang tidak nyaman. Tentunya, kamu tidak ingin menjadi penyebab seseorang merasa tidak nyaman kan?

 

Tapi, bagaimana kalau anda tidak sengaja dan tanpa sadar sudah membuat orang lain tidak nyaman? Bagaimana jika ketika anda melakukan ibadah Haji atau Umroh, tapi menggunakan kapal laut atau menggunakan pesawat yang banyak transit ke beberapa negara dengan waktu yang lama, tempat tinggal yang jauh dari Masjidil Haram atau di Masjid Nabawi dengan fasilitas tanpa AC, kasur yang keras, tidak dapat makan dari hotel dan harus membeli sendiri, tersesat saat berjalan-jalan sendiri tanpa di bimbing oleh seseorang yang sudah berpengalaman dan pada akhirnya ibadah anda jadi tidak tenang dan bisa menyebabkan anda sakit.

 

Kejadian seperti ini mungkin pernah di alami oleh orang tua kita pada era dahulu yang sebenarnya bukan hanya diri kita sendiri yang merasa tidak nyaman, begitupun keluarga, sahabat, tetangga memiliki rasa tidak nyaman karena khawatir akan kondisi keselamatan dan situasi keamanan kita. Kalau anda memiliki keluarga, sahabat, dan tetangga yang ingin melakukan ibadah Haji & Umroh merasakan ketidak nyamanan, apa yang bisa anda bantu untuknya? Menolong sesama muslim ke tanah suci dari situasi dan kondisi yang tidak nyaman.

 

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

لَقَدْ رَأَيْتُ رَجُلًا يَتَقَلَّبُ فِي الْجَنَّةِ فِي شَجَرَةٍ قَطَعَهَا مِنْ ظَهْرِ الطَّرِيقِ كَانَتْ تُؤْذِي النَّاسَ

“Sungguh aku melihat seseorang mendapatkan kenikmatan di surga, karena memotong sebuah pohon di tengah jalan yang mengganggu manusia.” [HR. Muslim dari Abu Hurairah ra.]

Salah satu pelajaran dari hadist di atas adalah keutamaan menyingkirkan suatu hal yang mengganggu di jalan dan mengganggu kesehatan, bahwa hal itu termasuk sebab masuk surga dan hendaklah dilakukan ikhlas karena Allah SWT. Bagaimana kenikmatan seseorang yang memudahkan untuk umat Islam yang hendak melakukan Ibadah Haji & Umroh di akhirat?

Di sisi lain, ada juga beberapa umat Islam yang ingin melakukan perjalanan ibadah Haji & Umroh dengan merencanakan menggunakan penerbangan apa, hotel yang bagaimana, dan apa saja yang didapat agar lebih mudah, lebih cepat, lebih aman, lebih berkesan, dan pastinya lebih nyaman untuk bisa beribadah dengan tenang dan inshaAllah tidak ada rasa tidak nyaman atau rasa khawatir dari keluarga, sahabat, dan tetangga ketika mereka melakukan perjalanan ibadah Haji & Umroh.

 

Seseorang yang seperti ini lebih mengutamakan kenyamanan untuk mendapatkan ketenangan ketika melakukan perjalanan Ibadah Haji & Umroh, apakah anda yakin ingin menjadi tamu Allah SWT tanpa ada rasa nyaman ketika memenuhi panggilan-Nya?

Talbia tours & travel

Bersama Anda Menuju Baitullah
Top